Makna Bentuk pada Logo

Agustus 30, 2017

Bentuk sebuah logo menggambarkan bisnis anda. Dari bentuk tersebut orang lain bisa tahu apakah perusahaan anda santai atau serius, ilmiah atau artistik, tradisional atau modern. Sama seperti warna, bentuk logo juga memiliki sebuah makna. Kali ini kita akan mempelajari makna dari bentuk sebuah logo. Sehingga nantinya anda tidak salah dalam menentukan bentuk logo untuk usaha anda.

Logo yang lembut, bulat, dan organik

Jika anda bermain lempar tangkap, mana yang anda pilih : melempar benda tajam atau lunak? Tidak perlu dijawab. Meskipun logo bukan untuk dilempar, tapi kira-kira penjabarannya serupa. Secara umum bentuk lembut, bulat dan organik tidak bersifat intimidatif. Bentuknya tidak berbahaya dan ramah.

a. Lingkaran dan Elips




 
Lingkaran, elips dan oval dapat menggambarkan berbagai jenis perasaan. Contohnya untuk menggambarkan kelembutan dengan pemandangan pertanian yang tenang (logo Smokeyard), keramahan dengan menggunakan ilustrasi dari seorang pengusaha yang tampaknya didekati (logo The Gentleman Voyager), dan inklusivitas (logo Family Dental). Bentuk bulat juga dapat digunakan untuk memberi kesan 'muda' seperti yang terlihat pada contoh di atas, yang merangkum ilustrasi yang mengasyikkan dan berorientasi anak-anak (logo Gardner Camp).

b. Organik

 

Bentuknya bukan lingkaran, elips, atau oval, tapi lembut dan bundar. terus? sebut saja "organik", karena bentuknya alami. Bentuk organik digunakan untuk menciptakan perasaan lembut yang tidak dapat dipahami oleh lingkaran matematis. Bentuk organik bisa melambangkan tetesan air untuk perusahaan Jus, tanah untuk investor, harapan dan manfaat untuk perusahaan non-profit.
 

c. Spiral

 
 
Meskipun bentuknya jarang digunakan dalam desain logo, spiral sebenarnya menarik dan bermanfaat. Bentuk ini bisa menghipnotis, memusatkan, dan mengalir. Pada contoh di atas, spiral digunakan untuk mewakili kesukuan untuk bisnis pembinaan kehidupan perempuan, untuk mewakili arus dan strategi bagi perusahaan pemasaran dan teknologi, dan untuk menggambarkan introspeksi dan transformasi pribadi untuk seorang pembicara yang inspirasional.

Logo yang tajam dan presisi

Meskipun bentuk tajam dan bersudut seringkali lebih mengintimidasi daripada bentuk yang lembut, namun bukan berarti bentuk ini harus dihindari. Justru bentuk ini sangat cocok untuk mengkomunikasikan kekuatan, kecerdasan, dan stabilitas.

a. Persegi dan Segitiga





Bagian yang membedakan bentuk ini dengan bentuk lembut adalah adanya sudut. Sudut menurut definisi tajam dan mendadak. Bentuk ini bermakna ketepatan, stabilitas, kehandalan. Dalam contoh di atas, kotak dan segitiga digunakan untuk mewakili profesionalisme bagi pengacara dan konsultan pemasaran, untuk mewakili stabilitas dan kontrol bagi perusahaan perabot rumah tangga dan untuk menggambarkan kedewasaan dan kecerdasan dalam logo pribadi.

Persegi dan segitiga juga secara inheren lebih "tegang" daripada lingkaran. Dalam contoh di atas, segitiga digunakan untuk menggambarkan cara alternatif kehidupan bagi perusahaan tekstil yang berkelanjutan dan untuk memberi kesan 'badass' untuk sebuah saloon.

Beberapa nilai lain yang bisa ditunjukkan persegi dan segitiga adalah kekuatan, teknologi dan kelancaran.

b. Garis Vertikal



Garis vertikal terasa kuat dan mapan, seperti tiang di tanah. Dalam contoh di atas, garis vertikal digunakan untuk mewakili superioritas dan kekuatan untuk sebuah penginapan dan untuk mewakili kekuatan untuk perusahaan suplemen. Jika bisnis anda juga memiliki sifat-sifat tersbut maka jenis logo dengan garis vertikal adalah pilihan yang baik.

c. Garis Horizontal 




Berbeda dengan garis vertikal, garis horisontal bisa membuat logo terasa tenang dan aman. Pada contoh di atas garis horisontal digunakan untuk mewakili komunikasi dan ketenangan bagi perusahaan yang menyatukan sektor teknologi informasi dan komunikasi di Afrika. Garis horisontal juga bisa digunakan untuk mewakili kecepatan dan pergerakan untuk perusahaan pengiriman.
 

Bentuk-bentuk Cultural


Selain bentuk dasar, kita juga melihat banyak bentuk yang menjadi simbol tertentu, seperti palang, hati dan pita. Contohnya palang untuk merepresentasikan kesehatan. Palang juga sering terlihat pada logo religius (salib). Hati melambangkan cinta dan kasih sayang. Sementara pita merupakan simbol kesadaran dan kepedulian.

You Might Also Like

0 komentar